Disini saya akan menjelaskan tentang contoh penerapan POAC
pada UKM “G.Lo Cofee shop” yang berlokasi di Perumahan Citra
indah,Jonggol,Bogor.Berikut adalah penerapan POAC pada usaha tersebut.
Planing
1.Menentukan Lokasi Usaha
Pertama yang harus ditentukan adalah
mencari dan memilih lokasi usaha yaitu tempat yang cocok untuk lokasi
pemasaran.
Lokasi yang akan dipilih tentunya adalah
wilayah yang strategis,dan dekat dengan lokasi tempat target pemasaran berada
dimana target pasar dari G.Lo Coffe shop ini adalah anak muda sampai orang
dewasa. Dan BANG ABAY selaku pemilik Coffe shop ini juga menuturkan bahwa di
daerah JONGGOL ini belum terdapat coffe shop,maka dari itu ini merupakan sebuah
peluang yang sangat menguntungkan untuk mendirikan sebuah usaha coffe shopnya
ini
2.Produk
Untuk Produknya sendiri BANG ABAY memelih
biji kopi autentic dari Indonesia mulai dari Aceh,Toraja,Flores,Jawa,Bali dan
yang terakhir dan menjadi ciri kkhas adalah biji kopi asli jonggol.
3.Pemasaran
Untuk pemasaran BANG ABAY memiliki startegi
yang menurut saya sangat bagus,berikut adalah strategi pemasaran yang digunakan
oleh BANG ABAY:
·
Mengutamakan Kualitas Produk, jangan salah
kualitas produk merupakan pondasi awal dalam memasarkan sebuah produk karna
dengan cita rasa dan aroma kopi yang baik akan dapat membuat siapun yang
meminumnya tertarik untuk membeli kembali dan kemungkinan dia akan menjadi
sales gratis untuk kita dengan melakukan testimoni yang baik kepada orang lain
·
Memposisikan diri sebagai rumah ketiga, sejak
awal G.Lo coffe shop ingin menciptakan kesan sebagai “rumah ketiga” bagi semua
orang yang ingin menghabiskan waktunya. Jadi G.Lo bukan sekedar tempat untuk
membeli kopi,melainkan tempat berkumpul untuk bersosialisasi,berdikusi atau
sekedar tempat pelarian bagi jiwa jiwa yang ingin mencari ketenangan dan
kedamaian
·
Inovasi, Kami juga terus menambahkan pilihan
produk dan kegiatan kegiatan yang menarik. Baru baru ini kami menambahkan
pilihan KOPI JOSS pada pilhan minuman kami dan untuk kegiatan kami sering
mengadakan Akustikan dan Open Mic setiap Weekend
·
Eksistensi Di Media Sosial, kami memiliki dua
cara untuk memperkuat eksistensi pada media sosial, yaitu dengan cara meningkatkan
engagement di media sosial dan beriklan. melakukan posting setiap hari di
seluruh akun media sosial terutama Instagram dan promosi dengan memperbanyak
kuis berhadiah voucher kopi atau giveaway lainnya dengan rutin
4.Planing Kedepan
Untuk kedepannya kami berencana untuk terus
berkembang sebagai coffe shop pertama di jonggol dan tetap mempertahankan cita
rasa dan terus menambah inovasi inovasi baru untuk menu kami,di samping itu
kami juga mulai merintis usaha yang bergerak di bidang furniture dimana
produknya masih berkaitan dengan coffe shop seperti meja dan bangku untuk
kafe..
Organizing
·
Pemilik
Pemilik kedai kopi memiliki fungsi yaitu mengatur
kegiatan yang berhubungan dengan kejasama perusahaan lain, serta bekerja
bersama dengan dewan komisaris mengatur aktivitas organisasi.
Adapun tugas CEO/Pemilik kedai kopi antara lain :
1. Bersama Dewan Komisaris
membuat rancangan/rencana kerja dan target penjualan periode kepada manajer.
2. Melakukan evaluasi terhadap
operasional kedai kopi
3. Pembuat keputusan/ badan
eksekutif di kedai kopi.
·
Dewan Komisaris
Dewan Komisaris kedai kopi
memiliki fungsi yaitu membantu CEO/pemilik mengatur kegiatan yang berhubungan
dengan kejasama perusahaan pendukung, evaluasi kinerja Manajer, karyawan,
sistem operasional, maupun hubungan dengan masyarakat.
Adapun tugas dari Dewan
Komisaris di kedai kopi secara umum sebagai berikut :
1.
Melakukan survei dan analisa perkembangan pasar industri
serta pesaing.
2.
Mengakomodir event yang akan diadakan di kedai kopi.
·
Manajer
Tugas dan tanggung jawab Manajer kedai kopi adalah membangun
tim kerja yang solid bersama dengan bawahannya untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan. Manajer inilah yang pada umumnya mengerjakan administrasi dan
membuat laporan, serta menganalisis laporan tersebut dan memberikan solusi jika
terdapat permasalahan. Manajer bertanggung jawab penuh kepada CEO/pemilik
melalui pengawasan Dewan Komisaris
·
Barista
Tugas dan tanggung jawab Barista di kedai kopi adalah membuat
seduhan/ hidangan yang dipesan konsumen, mengontrol kualitas bahan baku dan
melakukan riset inovasi produk serta kebutuhan selera konsumen.
·
Pramsuji
Tugas dan tanggung jawab pramusaji di kedai kopi yaitu :
1.
Memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen.
2.
Menjaga kebersihan dan kerapian kedai kopi demi kepuasan
konsumen
3.
Mampu mengatasi setiap keluhan konsumen.
4.
Seorang pramusaji juga harus memperhatikan setiap
penampilannya.
·
Kasir/Admin
Tugas dan tanggung jawab kasir adalah:
1.
Melakukan transaksi penjualan.
2.
Penanggung jawab sosial media
3.
Menjaga kebersihan area kasir, serta
4.
Bertanggung jawab atas jumlah pendapatan dengan produk yang
terjual.
Actuating
Actuating adalah keigiatan pemimpin dalam menggerakan
dan memberi semangat serta motivasi kepada bawahannya aga rmampu untuk selalu
bekerja dengan disiplin dan tanggung jawab.
Untuk itu seluruh tanggung jawab yang telah di berikan oleh pemimpin harus
di kerjakan dengan baik dan sesuai SOP agar seluruh pekerjaan dapat di kerjakan
dengan benar.
Contrroling
Dalam hal
controlling BANG ABAY sering datang ke Coffe shop untuk melakukan pengecekan
stok barang dan memantau kegiatan para karyawan,setiap minggu juga BANG ABAY
selalu mengecek laporan keungan dan kondisi dari coffe shopnya tersebut.
wah memang semestinya harus ada seperti ini sih, tapi sadar-atau gak semua sudah dilakukan meskipun tidak plek seperti ini.... Pengertian POAC
ReplyDelete