Skip to main content

Contoh Penerapan Manajemen POAC Terhadap UKM

Managemen POAC terhadap UKM


Disini saya akan menjelaskan tentang contoh penerapan POAC pada UKM “G.Lo Cofee shop” yang berlokasi di Perumahan Citra indah,Jonggol,Bogor.Berikut adalah penerapan POAC pada usaha tersebut.
Planing
1.Menentukan Lokasi Usaha

Pertama yang harus ditentukan adalah mencari dan memilih lokasi usaha yaitu tempat yang cocok untuk lokasi pemasaran.

Lokasi yang akan dipilih tentunya adalah wilayah yang strategis,dan dekat dengan lokasi tempat target pemasaran berada dimana target pasar dari G.Lo Coffe shop ini adalah anak muda sampai orang dewasa. Dan BANG ABAY selaku pemilik Coffe shop ini juga menuturkan bahwa di daerah JONGGOL ini belum terdapat coffe shop,maka dari itu ini merupakan sebuah peluang yang sangat menguntungkan untuk mendirikan sebuah usaha coffe shopnya ini
2.Produk

Untuk Produknya sendiri BANG ABAY memelih biji kopi autentic dari Indonesia mulai dari Aceh,Toraja,Flores,Jawa,Bali dan yang terakhir dan menjadi ciri kkhas adalah biji kopi asli jonggol.
3.Pemasaran
Untuk pemasaran BANG ABAY memiliki startegi yang menurut saya sangat bagus,berikut adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh BANG ABAY:
·         Mengutamakan Kualitas Produk, jangan salah kualitas produk merupakan pondasi awal dalam memasarkan sebuah produk karna dengan cita rasa dan aroma kopi yang baik akan dapat membuat siapun yang meminumnya tertarik untuk membeli kembali dan kemungkinan dia akan menjadi sales gratis untuk kita dengan melakukan testimoni yang baik kepada orang lain
·         Memposisikan diri sebagai rumah ketiga, sejak awal G.Lo coffe shop ingin menciptakan kesan sebagai “rumah ketiga” bagi semua orang yang ingin menghabiskan waktunya. Jadi G.Lo bukan sekedar tempat untuk membeli kopi,melainkan tempat berkumpul untuk bersosialisasi,berdikusi atau sekedar tempat pelarian bagi jiwa jiwa yang ingin mencari ketenangan dan kedamaian
·         Inovasi, Kami juga terus menambahkan pilihan produk dan kegiatan kegiatan yang menarik. Baru baru ini kami menambahkan pilihan KOPI JOSS pada pilhan minuman kami dan untuk kegiatan kami sering mengadakan Akustikan dan Open Mic setiap Weekend
·         Eksistensi Di Media Sosial, kami memiliki dua cara untuk memperkuat eksistensi pada media sosial, yaitu dengan cara meningkatkan engagement di media sosial dan beriklan. melakukan posting setiap hari di seluruh akun media sosial terutama Instagram dan promosi dengan memperbanyak kuis berhadiah voucher kopi atau giveaway lainnya dengan rutin

      4.Planing Kedepan
Untuk kedepannya kami berencana untuk terus berkembang sebagai coffe shop pertama di jonggol dan tetap mempertahankan cita rasa dan terus menambah inovasi inovasi baru untuk menu kami,di samping itu kami juga mulai merintis usaha yang bergerak di bidang furniture dimana produknya masih berkaitan dengan coffe shop seperti meja dan bangku untuk kafe..

Organizing
·         Pemilik
Pemilik kedai kopi memiliki fungsi yaitu mengatur kegiatan yang berhubungan dengan kejasama perusahaan lain, serta bekerja bersama dengan dewan komisaris mengatur aktivitas organisasi.
Adapun tugas CEO/Pemilik kedai kopi antara lain :
1.       Bersama Dewan Komisaris membuat rancangan/rencana kerja dan target penjualan periode kepada manajer.
2.       Melakukan evaluasi terhadap operasional kedai kopi
3.       Pembuat keputusan/ badan eksekutif di kedai kopi.
·         Dewan Komisaris
Dewan Komisaris kedai kopi memiliki fungsi yaitu membantu CEO/pemilik mengatur kegiatan yang berhubungan dengan kejasama perusahaan pendukung, evaluasi kinerja Manajer, karyawan, sistem operasional, maupun hubungan dengan masyarakat.
Adapun tugas dari Dewan Komisaris di kedai kopi  secara umum sebagai berikut :
1.       Melakukan survei dan analisa perkembangan pasar industri serta pesaing.
2.       Mengakomodir event yang akan diadakan di kedai kopi.
·         Manajer
Tugas dan tanggung jawab Manajer kedai kopi adalah membangun tim kerja yang solid bersama dengan bawahannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Manajer inilah yang pada umumnya mengerjakan administrasi dan membuat laporan, serta menganalisis laporan tersebut dan memberikan solusi jika terdapat permasalahan. Manajer bertanggung jawab penuh kepada CEO/pemilik melalui pengawasan Dewan Komisaris
·         Barista
Tugas dan tanggung jawab Barista di kedai kopi adalah membuat seduhan/ hidangan yang dipesan konsumen, mengontrol kualitas bahan baku dan melakukan riset inovasi produk serta kebutuhan selera konsumen.
·         Pramsuji
Tugas dan tanggung jawab pramusaji di kedai kopi yaitu :
1.       Memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen.
2.       Menjaga kebersihan dan kerapian kedai kopi demi kepuasan konsumen
3.       Mampu mengatasi setiap keluhan konsumen.
4.       Seorang pramusaji juga harus memperhatikan setiap penampilannya.
·         Kasir/Admin
Tugas dan tanggung jawab kasir adalah:
1.       Melakukan transaksi penjualan.
2.       Penanggung jawab sosial media
3.       Menjaga kebersihan area kasir, serta
4.       Bertanggung jawab atas jumlah pendapatan dengan produk yang terjual.

Actuating
                Actuating adalah keigiatan pemimpin dalam menggerakan dan memberi semangat serta motivasi kepada bawahannya aga rmampu untuk selalu bekerja dengan disiplin dan tanggung jawab.
Untuk itu seluruh tanggung jawab yang telah di berikan oleh pemimpin harus di kerjakan dengan baik dan sesuai SOP agar seluruh pekerjaan dapat di kerjakan dengan benar.

Contrroling
                Dalam hal controlling BANG ABAY sering datang ke Coffe shop untuk melakukan pengecekan stok barang dan memantau kegiatan para karyawan,setiap minggu juga BANG ABAY selalu mengecek laporan keungan dan kondisi dari coffe shopnya tersebut.

Comments

  1. wah memang semestinya harus ada seperti ini sih, tapi sadar-atau gak semua sudah dilakukan meskipun tidak plek seperti ini.... Pengertian POAC

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Penerapan Manajemen POAC Pada Perusahaan

MANAGEMEN POAC PADA PT TRAKINDO UTAMA Planning Visi dan Misi PT.Trakindo Utama (PTTU) Visi : “ To be world class of caterpillar euipment solution” (Menjadi penyedia jasa peralatan caterpillar dengan kualitas kelas dunia) Misi : Membangun perusahaan yang mampu menciptakan lapangan kerja berkualtas bagi sebanyak mungkin rakyat indonesia Dengan mengusung nilai nilai : pengembangan kompetensi karyawan secara bberlanjutan ,mengupayakan pertumbuhan finansial inteltektual dan citra perusahaan yang konsisten serta melakukan investigasi kembali kedalam bisnis yang dijalankan dan mempertahankan standar kode etik yang tinggi dalam aktivitas bisnis Organizing PTTU Jakarta sebagai salah satu cabang yang memiliki pola organisasi serupa dengan kebanyakan cabang yang lain. Dengan dipimpin oleh seorang Branch Manager, cabang ini mengembangkan bisnisnya melalui 5 (lima) departemen yaitu : Departemen Customer service, departemen Account, departemen Personnel, departemen service op...

Contoh Penerapan Manajemen POAC Terhadap diri sendiri

Managemen POAC Terhadap diri sendiri                 Memang manusia hanya bisa berencana namun tuhan yang menentukan tapi tanpa rencana yang baik untuk masa depan kita hanya akan hidup mengalir seperti air hanya mengkuti arus yang mana air akan selalu mengalir menuju tempat yang lebih rendah. Lalu apakah kita ingin seperti air? Maka dari itu POAC (Planing,organizing,actuating,controlling) terhadap diri sendiri sangat penting untuk menjadi pribadi yang lebih baik terutama untuk menaikan kualitas hidup kita. Nama saya Fauzan Abdu Razak ,saya adalah mahasiswa teknik industri di Universitas Mercubuana. Sekarang usia saya 19 tahun, dan saya sudah mulai menyusun masa depan yang ingin saya raih sampai waktu yang belum bisa di tentukan Planning                 Untuk 2 tahun kedepan saya hanya akan fokus kepada studi saya saat ini ...